Hasil Survei Serologi Kemenkes: Antibodi Tertinggi pada Orang yang Booster

| Jum'at, 03/02/2023 21:08 WIB
Hasil Survei Serologi Kemenkes: Antibodi Tertinggi pada Orang yang Booster Vaksin Booster. (Foto: covidgoid)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali mengumumkan hasil Survei Serologi SARS CoV-2 terbaru di Gedung Kemenkes, Jakarta, 3 Februari 2023.

Dalam survei tersebut bahwa ada peningkatan antibodi masyarakat yang menambah status vaksinasi hampir 3 kali lipat dibandingkan orang yang tidak berubah status vaksinasinya.

“Jadi penting melengkapi vaksinasi. Walaupun hasil dari survei ini menunjukkan kondisi imunitas penduduk Indonesia baik, kita tetap perlu menekankan dan melengkapi status vaksinasi kita,” ucap Kepala Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan, Syarifah Liza Munira dalam keterangannya.

Menurut Liza, kadar antibodi tertinggi ada pada mereka yang sudah melakukan vaksin Booster. Selain itu, penduduk yang dalam satu tahun ini melengkapi status vaksinasinya, kadar antibodinya meningkat hampir tiga kali lipat.

“Dari hasil sero survei pada Januari 2023 kita melihat hal utama yaitu proporsi penduduk yang memiliki imunitas SARS CoV-2 bertambah tinggi menjadi 99%. Proporsi masyarakat waktu bulan Juli terakhir itu sekitar 98,5%. Jadi masih tetap tinggi,” jelasnya.

“Peningkatan pun terjadi pada kadar antibodi penduduk, yakni dari yang sebelumnya pada Desember 2021 sebesar 448, Juli 2022 meningkat jadi 2.095, dan Januari 2023 meningkat lagi jadi 3.207,” tambahnya.

Sebagai informasi, studi ini dilakukan terhadap 16.286 responden di 34 provinsi dan 99 kabupaten/kota. Responden yang dipilih merupakan responden yang sama dengan studi sero survei sebelumnya pada Juli 2022 dan Desember 2021.

Tags : Vaksinasi Booster

Berita Terkait