Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak Kembali Ditemukan di Jakarta

| Selasa, 07/02/2023 21:04 WIB
Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak Kembali Ditemukan di Jakarta Ilustrasi Ginjal (foto: Freepic)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah mendapatkan laporan kasus baru Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) pada Februari 2023, setelah tidak adanya kasus baru sejak awal Desember 2022. Laporan kasus GGAPA ini dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

“Penambahan kasus tercatat pada tahun ini, satu kasus konfirmasi GGAPA dan satu kasus suspek” ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. M Syahril di Jakarta, Senin, 6 Februari 2023.

Pemerintah pusat melalui Kemenkes meminta agar Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah lain untuk aktif memantau pasien dengan gejala GGAPA, dan segera merujuk ke rumah sakit yang telah ditunjuk Kemenkes untuk menangani pasien tersebut.

Syahril mengungkapkan satu Kasus konfirmasi GGAPA merupakan anak berusia 1 tahun, mengalami demam pada tanggal 25 Januari 2023, dan diberikan obat sirup penurun demam yang dibeli di apotek dengan merk Praxion.

Pada tanggal 28 Januari, pasien mengalami batuk, demam, pilek, dan tidak bisa buang air kecil (Anuria) kemudian dibawa ke Puskesmas Pasar Rebo, Jakarta, untuk mendapatkan pemeriksaan, dan pada tanggal 31 Januari mendapatkan rujukan ke Rumah Sakit Adhyaksa.

Dikarenakan ada gejala GGAPA maka direncanakan untuk dirujuk ke RSCM, tetapi keluarga menolak dan pulang paksa. Pada tanggal 1 Februari, orang tua membawa pasien ke RS Polri dan mendapatkan perawatan di ruang IGD, dan pasien sudah mulai buang air kecil.

“Pada tanggal 1 Februari, pasien kemudian dirujuk ke RSCM untuk mendapatkan perawatan intensif sekaligus terapi fomepizole, namun 3 jam setelah di RSCM pada pukul 23.00 WIB pasien dinyatakan meninggal dunia,” ungkap Syahril dikutip laman kemenkes.

Sementara satu kasus lainnya masih merupakan suspek, anak berusia 7 tahun, mengalami demam pada tanggal 26 Januari, kemudian mengkonsumsi obat penurun panas sirop yang dibeli secara mandiri.

Tags : Gagal ginjal , Kesehatan Anak

Berita Terkait