Kemenhub dan Pemprov DKI Jakarta Bahas Pengembangan Transportasi Massal Jabodetabek

| Rabu, 08/02/2023 22:40 WIB
Kemenhub dan Pemprov DKI Jakarta Bahas Pengembangan Transportasi Massal Jabodetabek LRT Jabodebek. (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Pemerintah DKI Jakarta melakukan pembahasan pengembangan angkutan massal perkotaan. Seperti proyek LRT Jakarta, MRT Jakarta Fase 3, dan pengembangan Stasiun Tanah Abang.

“Saya menyambut baik inisiasi dari Pemprov DKI Jakarta untuk terus menggalakkan angkutan massal perkotaan karena DKI Jakarta menjadi contoh bagi kota lainnya di Indonesia untuk mengembangkan angkutan massal-nya,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Jakarta, Rabu, 8 Februari 2023.

Soal rencana pengembangan LRT Jakarta (Velodrome - Manggarai), kata Menhub Budi, Pemerintah mendukung inisiatif dari Pemprov DKI untuk menyambung jalur LRT dari Pegangsaan Kelapa Gading, Velodrome, sampai ke Stasiun Manggarai, sehingga terintegrasi dengan angkutan massal lainnya seperti KRL Jabodetabek maupun kereta jarak jauh.

”Ini tambah lagi satu titik yaitu dari Kelapa Gading ke Manggarai. Saya pikir ini suatu langkah yang strategis. Pemprov DKI sudah mengalokasikan dana dan ditargetkan selesai pada September 2024,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Menhub, Pemerintah juga menyetujui pengembangan stasiun Tanah Abang. Sementara itu, pembangunan MRT Jakarta Fase 3 timur barat (east-west), telah dibahas bersama Pemprov DKI mengenai proyek pembangunan jalur MRT Jakarta Fase 3 rute segmen Kembangan – Medan Satria. 

“Kita butuh role model pengembangan angkutan massal perkotaan yang baik,” tukasnya.

Tags : LRT , MRT , Stasiun KRL