Mohammad Toha Minta KPU Cari Solusi Masalah Tahapan Pemilu

| Selasa, 14/02/2023 20:24 WIB
Mohammad Toha Minta KPU Cari Solusi Masalah Tahapan Pemilu Anggota FPKB M Toha (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM – Anggota Komisi II DPR RI Mohammad Toha meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat agar membuat grand design permasalahan Daftar Pemilih Tetap, KTP Elektronik, dan juga persoalan sarana dan prasarana dan juga Sumber Daya Manusia di dalamnya.

"KPU Pusat harus membuat grand design untuk menyelesaikan masalah itu, masalah KTP, masalah daftar pemilih, dan masalah SDM Panwas, dan masalah lainnya seperti sarpras, masalah peraturan-peraturan, itu semuanya tentunya akan menghambat pemilu atau membuat kualitas pemilu tidak baik, oleh karena itu harus diatasi secara bersama-sama," kata Mohammad Toha di Serang, Selasa, 14 Februari 2023.

Politisi PKB ini juga meminta KPU Pusat tentunya melakukan koordinasi yang tersinergi dengan Kementerian Dalam Negeri, dan KPU Daerah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota maupun Pemerintah Pusat agar masalah-masalah yang ada tersebut terus dikomunikasikan dan dicarikan jalan keluarnya.

"Kemarin kan secara umum ya ada usulan ini, tanggapan ini, reaksi ini, aspirasi ini, sekarang kita kupas satu persatu bagaimana cara menyelesaikan, dengan tentunya memanggil semua yang terlibat, kemendagri, kemenkeu ya termasuk yang membuat pemilu ini sukses,” katanya.

Toha menyatakan apa yang terjadi di daerah adalah cerminan dari seluruh Indonesia, hanya saja mungkin presentasinya berbeda-beda, namun secara masalah hampir semuanya sama, dimulai dari KTP Elektronik hingga DPT, dimana kedua hal ini memiliki dinamikanya sendiri dan berubah-ubah secara dinamis setiap harinya.

"Menjelang pemilu itu mengerahkan segala kekuatan baik SDM maupun fasilitas untuk memecahkan masalah itu, misalkan dinas dukcapilnya misalnya tambah orang untuk survey mendata kembali bareng-bareng dengan KPU-Bawaslu,” tukasnya.

Tags : KPU , Pemilu 2024 , Bawaslu