Dukung Program Transmigrasi, Gus Halim: Transmigran Bakal Dibekali Alat Modern

| Jum'at, 17/02/2023 22:12 WIB
Dukung Program Transmigrasi, Gus Halim: Transmigran Bakal Dibekali Alat Modern Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menegaskan sedang mempersiapkan konsep pembangunan transmigrasi yang lebih modern disesuaikan dengan perkembangan zaman.

“Berangkat transmigrasi bekalnya hand traktor, bekalnya Rice Milling Unit. Nah, itu baru transmigrasi yang kita harapkan ke depan,” ungkap Gus Halim di IKN, Kalimantan Timur, Kamis, 16 Februari 2023.

Gus Halim mengungkapkan, program transmigrasi ke depan tidak ada lagi transmigran yang berangkat ke wilayah transmigrasi berbekal cangkul sabit dan lain-lainnya yang sudah tidak zamannya melainkan dibekali dengan peralatan modern. Sehingga mempunyai gambaran akan mengolah apa, produk apa hingga pasarnya bagaimana.

“Kira-kira kalau dikonversi menjadi uang saya setiap bulan akan mendapatkan berapa. Ini akan memberikan motivasi tersendiri bagi para transmigran yang program ini sudah terbukti sangat mendukung pembangunan di Indonesia,” ujarnya.

Menurut Gus Halim, Kemendes PDTT sedang menyusun  rencana pembangunan jangka panjang (RPJP) untuk  program transmigrasi. Ia berharap, akan ada  loncatan-loncatan dan terobosan-terobosan baru di dalam RPJP tersebut.

“Nanti, pola transmigrasi harus dilakukan secara lebih profesional, lebih mengedepankan skill dan tentu itu semua karena memang tuntutan zaman, tuntutan keadaan,” ungkapnya.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait