Banggar DPR Harap Gubernur BI Mampu Kendalikan Inflasi

| Jum'at, 24/02/2023 19:29 WIB
Banggar DPR Harap Gubernur BI Mampu Kendalikan Inflasi Said Abdullah (Ketua Badan Anggaran DPR RI). (Foto: dprgoid)

RADARBANGSA.COM – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Perry Warjiyo sebagai Calon Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2023-2028.

"Gubernur BI kemarin sudah kita kirimkan nama ke DPR RI, Bapak Perry Warjiyo," ujar Presiden Jokowi saat mengunjungi IKN, Kamis, 23 Februari 2023.

Sementara itu, Ketua Badan Anggaran DPR RI Said Abdullah mengungkapkan Gubernur Bank Indonesia (BI) memiliki tugas penting karena BI memiliki peran yang sangat strategis.

“Tugas (Gubernur BI) memastikan tingkat inflasi terkendali. Inflasi ini menjadi urusan sangat penting, inflasi tinggi bisa menjadi malapetaka bagi sebuah pemerintahan, sebab berpengaruh langsung bagi hajat hidup rakyat banyak,” ujar Said Abdullah.

Tak kalah penting dari itu, kata Said, BI juga bertugas memastikan nilai tukar rupiah stabil terhadap sejumlah mata uang utama global, khususnya dollar Amerika Serikat (AS). Sebab, kata Said, gejolak rupiah bisa membuat runyam pasar keuangan dalam negeri.

Untuk itu, imbuh Said, Gubernur BI membutuhkan kemampuan mengorganisasi dan membuat keputusan tepat dalam melakukan berbagai operasi pasar dengan tujuan mengendalikan inflasi dan nilai tukar.

“BI juga bertanggung jawab untuk memastikan inklusi keuangan berjalan dengan baik, memastikan berbagai transaksi keuangan, khususnya perihal sistem pembayaran berjalan dengan baik, aman, dan cepat,” imbuhnya.

Tags : Gubernur Bank Indonesia , Banggar DPR

Berita Terkait