Siti Mukaromah Nilai Upaya Kesetaraan Gender Perlu Diimbangi Peningkatan Kualitas Perempuan

| Senin, 13/03/2023 18:21 WIB
Siti Mukaromah Nilai Upaya Kesetaraan Gender Perlu Diimbangi Peningkatan Kualitas Perempuan Siti Mukaromah (Anggota DPR RI Fraksi PKB). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota DPR RI, Siti Mukaromah menilai upaya untuk membangun kesetaraan gender di ranah politik perlu diimbangi dengan peningkatan kapasitas, kapabilitas, dan kualitas perempuan. Hal ini, khususnya, dalam pemberian kuota terkait jumlah partisipasi perempuan di parlemen. 

Karena itu, dorongan untuk membangun kesetaraan gender itu harus berasal dari pihak laki-laki maupun dari perempuan.

"Dari para pihak laki-laki tentunya pemahaman kesetaraan gender ini harus purna. Artinya, ketika bicara tentang kesetaraan gender, bukan hanya kepentingan dan kebutuhan atau hanya perempuan saja yang banyak berbicara, tapi kesadaran penuh daripada laki-laki juga," kata Erma, sapaan akrabnya, dikutip dari laman resmi DPR RI, Senin, 13 Maret 2023.

Lebih lanjut diterangkannya, ketika perempuan diberikan peluang untuk setara dalam politik, menurutnya hal ini menjadi pekerjaan rumah besar bagi perempuan. Oleh karena itu, kuota 30 persen perempuan di parlemen diharapkan dapat diisi dengan sebaik mungkin dengan peningkatan kapasitas dan kualitas.
 
"Artinya perempuan juga tidak boleh merasa ya sudah, kita sudah diberi kuota lalu santai-santai, tidak. Tapi ketika kuota itu ada, afirmasi itu ada, maka perempuan punya kewajiban untuk meningkatkan kapasitas, kapabilitas dan juga kualitas," tuturnya.

Peningkatan kapasitas, kapabilitas, dan kualitas ini menurut Politisi PKB itu untuk menunjukan bahwa memang perempuan layak untuk setara. Sehingga, pada saat nantinya kuota dan afirmasi tersebut sudah tidak lagi diberlakukan, perempuan sudah bisa setara.

"Maka, kita sudah bisa bicara, kita sudah bisa berkompetisi, kita sudah bisa secara politik bertarung, itu adalah laki-laki dan perempuan setara termasuk dalam persoalan pemerintahan, politik, yudikatif, dan juga legislatif. Semuanya itu bisa menjadi setara karena memang perempuan bisa dan mendapatkan penghargaan karena kualitas dan kapasitas," tutupnya.

Tags : DPR RI , Hari Perempuan Internasional , Perempuan