Pengiriman PC Turun Tajam, Produk Apple Paling Terpukul

| Senin, 10/04/2023 22:47 WIB
Pengiriman PC Turun Tajam, Produk Apple Paling Terpukul Pengiriman PC (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pengiriman global komputer pribadi merosot hampir sepertiganya pada kuartal pertama tahun 2023. Produk Apple Inc diperkirakan turun paling tajam di antara kompetitor lainnya lantaran perusahaan berjuang dengan perlambatan pasca-pandemi di konsumen pengeluaran.

Dalam laporan terpisah yang diterbitkan pada hari Senin, firma riset pasar IDC dan Canalys mencatat permintaan yang lemah dipicu kelebihan stok dan prospek ekonomi yang suram yang mendorong turunnya pengiriman masing-masing sebesar 29% dan 33% di Kuartal I 2023.

"Sebagian besar masalah yang melanda industri pada paruh kedua tahun lalu telah meluas hingga awal 2023," kata analis Canalys Ishan Dutt dikutip Reuters Senin 10 April 2023.

Dari lima pembuat PC teratas yang dilaporkan, Apple mengalami penurunan terbesar dengan penurunan lebih dari 40% diikuti oleh Dell Technologies Inc dengan penurunan sekitar 31%. Lenovo Group Ltd, Asustek Computer Inc dan HP Inc juga menghadapi penurunan, kata laporan tersebut.

Data menunjukkan bahwa pembuat PC bersiap untuk kehilangan seperempat laba setelah sebelumnya meraup keuntungan yang fantastis di tahun 2022 akibat pandemi.

Kedua firma riset tersebut lantas memperkirakan pasar dapat mulai pulih akhir tahun ini dan mengumpulkan momentum pada tahun 2024 jika prospek ekonomi membaik.

"Kami mengharapkan kenaikan pasar yang signifikan karena konsumen ingin menyegarkan diri, sekolah berusaha mengganti Chromebook yang usang, dan bisnis beralih ke Windows 11," kata IDC.

Tags : apple. pc , komputer

Berita Terkait