Tips Mudik Lancar, Jangan Berangkat Usai Sahur atau Buka Puasa

| Kamis, 13/04/2023 23:40 WIB
Tips Mudik Lancar, Jangan Berangkat Usai Sahur atau Buka Puasa Ilustrasi arus mudik. (Foto: Infoka)

RADARBANGSA.COM - Direktur Operasi PT Jasa Marga, Fitri Wiyanti memberikan peringatan kepada masyarakat yang akan mudik lebaran tahun ini menggunakan kendaraan pribadi. Ia mengimbau pemudik untuk tidak melaksanakan perjalanan di waktu-waktu favorit yakni setelah sahur dan berbuka puasa agar terhindar dari kemacetan saat mudik lebaran.

"Hindari perjalanan di waktu puncak, kemudian menghindari perjalanan di waktu favorit, biasanya sehabis sahur dan berbuka puasa," kata Fitri saat Konferensi Pers secara virtual, Kamis, 13 April 2023.

Selain itu, Fitri juga mengingatkan pemudik untuk memastikan kendaraan yang akan digunakan dalam perjalan mudik Lebaran yang akan datang. "Untuk pengguna jalan ada himbauan yang akan kami sampaikan, jadi pertama memastikan kendaraan yang akan digunakan untuk mudik itu dalam kondisi siap, kemudian pengemudinya juga fit," ujarnya.

"Kemudian pengemudi yang telah melakukan perjalanan jauh selama 4 jam diharapkan untuk beristirahat baik di rest area tapi kalau rest areanya penuh itu bisa ke jalan, keluar ke Arteri kemudian mempersiapkan perbekalan," tambahnya.

Fitri juga meminta pemudik untuk memastikan kecukupan BBM, kemudian pengecekan tarif Tol untuk mengetahui juga di cek saldonya cukup kemudian mendownload aplikasi-aplikasi untuk memudahkan selama perjalanan.

"Kemudian update informasi informasi kemudian selalu mengikuti rambu dan arahan petugas apakah nanti di sana akan ada rekayasa lalin contraflow atau oneway tolong diperhatikan, kemudian disiplin dalam berkendaraan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Fitri mengatakan jika terjadi masalah atau gangguan selama perjalanan mudik bisa menghubungi Call Center Jasa Marga 14080. "Untuk Call Center dapat menghubungi 14080 untuk memberikan informasi atau menyampaikan apabila terjadi gangguan selama dalam perjalanan."

Tags : Mudik , Lebaran , Tips , Sahur , Buka Puasa