Mudik Naik Kereta Bisa Bawa Hewan, Ini Syaratnya!

| Senin, 17/04/2023 07:01 WIB
Mudik Naik Kereta Bisa Bawa Hewan, Ini Syaratnya! Anjing (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Saat mudik Lebaran, mungkin beberapa orang tak bisa meninggalkan hewan peliharaan di rumah maupun tempat penitipan. Seringkali beberapa dari kita merasa sedih ketika harus meninggalkan hewan peliharaan kesayangan selama bersilaturahmi bersama keluarga di kampung halaman. 

Jika mudik dengan kendaraan pribadi, maka membawa hewan peliharaan memungkinkan untuk dilakukan. Namun bagaimana jika kamu ingin mudik dengan menggunakan angkutan publik khususnya kereta api? Tenang saja, ternyata ada cara agar hewan peliharaan kesayangan kalian bisa masuk kereta dan bisa diajak jalan-jalan menemani selama mudik. Untuk membawa hewan peliharaan saat mudik, kamu bisa menggunakan jasa pengiriman dari KAI Logistik yaitu KALOG Express.

 

Lalu apa saja sih hal-hal yang harus diperhatikan saat membawa hewan peliharaan menggunakan kereta api? Simak ulasannya berikut ini.

 

1. Perhatikan waktu pengiriman hewan peliharaan

Untuk periode Lebaran 2023, sehubungan angkutan barang KALOG Express akan libur pada tanggal 19-25 april 2023 maka batas pengiriman tanggal 15 april 2023.

"Apabila paket ingin tiba di hari yang sama, disarankan pengiriman dilakukan H-1 sebelum jadwal keberangkatan kereta api penumpang. Pelanggan dapat cek tarif dan tracking paket melalui aplikasi KAI Access," kata Vice President Public Relations KAI Joni Martinus.

 

2. Apa saja syaratnya?

Ada sejumlah syarat yang wajib dipahami dan diketahui oleh calon pengguna layanan pengangkutan hewan peliharaan dari KAI Logistik, yakni sebagai berikut:
- Pastikan hewan peliharaan yang akan dikirim berada dalam kondisi yang sehat.
- Hewan peliharaan harus ditaruh di dalam kandang yang kuat, dan ukurannya sesuai dengan jenis hewan yang akan dikirim. 
- Pemilik wajib menyediakan makanan dan minuman hewan peliharaan di dalam kandang.
- Bisa menyertakan surat keterangan dari dokter hewan yang menyatakan bahwa hewan peliharaan dalam kondisi sehat.

 

3. Berapa tarif yang diperlukan?

Terkait hal ini, kamu perlu menginformasikan terlebih dulu kota keberangkatan dan kota tujuan pengiriman. Sebagai referensi, untuk pengiriman dari Jakarta ke Yogyakarta, estimasi biaya pengiriman hewan peliharaan terhitung dari 1 s.d. 10 kilogram (kg) pertama, yakni Rp100.000. Lalu, untuk 1 kg berikutnya tarif menyesuaikan kota tujuan pengiriman. 

"Pengiriman hewan peliharaan ini adalah Service Station to Station yaitu pengiriman dan penerimaan langsung terdapat di kantor KALOG Express, sesuai dengan jadwal operasionalnya,” jelas Joni. 

Pastikan pelanggan telah memenuhi syarat-sayarat yang telah ditentukan. Hewan atau paket yang akan dikirim telah dipacking dengan baik dan aman.

Selain untuk kirim hewan peliharaan, kamu juga bisa mengirim tanaman, oleh-oleh, hingga barang berskala besar lho di KALOG Express! 
"KAI Group berkomitmen untuk terus beradaptasi dgn keinginan masyarakat guna  memberikan layanan terbaik di masa angkutan lebaran melalui angkutan penumpang maupun hantaran logistik" imbuh Joni.
Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengontak KAI Logistik melalui akun Instagram @kalogistics, nomor WhatsApp +62813-8822-3205, atau email cs@kalogistics.co.id.

Tags : kalog express , mudik hewan , hewan peliharaan

Berita Terkait