Kemenkes: RUU Kesehatan Dorong Pendidikan Dokter Spesialis Murah dan Transparan

| Jum'at, 05/05/2023 16:55 WIB
Kemenkes: RUU Kesehatan Dorong Pendidikan Dokter Spesialis Murah dan Transparan Manfaatkan kemajuan teknologi untuk kesehatan Anda. (Foto: klikdoktercom)

RADARBANGSA.COM – Juru Bicara (Jubir) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. Mohammad Syahril mengatakan, manfaat Rancangan Undang-undang (RUU) Kesehatan dapat mendorong pendidikan dokter spesialis yang murah dan transparan.

“Peserta didik yang mengikuti pendidikan berbasis rumah sakit tidak perlu membayar biaya pendidikan karena akan dianggap sebagai dokter magang dan justru memperoleh pendapatan,” ujar dr. Syahril dalam siaran persnya, Jumat, 5 Mei 2023.

Bahkan, kata Syahril, pendidikan spesialis dapat dilakukan melalui program proctorship dimana dokter tidak perlu ke pusat pendidikan untuk mendapatkan pendidikan, tapi pengajarnya yang ke daerah untuk memberikan pendidikan di rumah sakit di daerah tersebut.

“Ini seperti skema di Inggris nantinya dimana jika ada daerah yang kekurangan dokter spesialis, maka dosennya yang diturunkan ke daerah tersebut untuk memberikan Pendidikan,” imbuhnya.

“Jadi misalnya ada kekurangan dokter spesialis di Kalimantan, maka nanti pengajarnya yang kesana. Bukan dokternya yang ke Jawa,” tambahnya.

Begitu juga dalam usulan RUU Kesehatan adanya pasal perlindungan dari bullying tercantum dalam pasal 208E poin d yang berbunyi ‘Peserta didik yang memberikan pelayanan kesehatan mendapat perlindungan dari kekerasan fisik, mental, dan perundungan'.

“Selain itu, mekanisme pendidikan spesialis berbasis rumah sakit juga akan menjamin proses masuknya lebih transparan dan berdasarkan test dan meritokrasi, tutup Syahril.

Tags : Dokter Spesialis , Dokter Gigi , Kemenkes

Berita Terkait