Anggota Komisi I DPR Apresiasi Jokowi Bawa Agenda Pemberantasan TPPO di KTT ASEAN

| Selasa, 09/05/2023 17:19 WIB
Anggota Komisi I DPR Apresiasi Jokowi Bawa Agenda Pemberantasan TPPO di KTT ASEAN Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM – Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani mengapresiasi langkah strategis Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memastikan persoalan pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) menjadi salah satu agenda utama dan penting dalam pelaksanaan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, NTT pada 9-11 Mei 2023.

"Apresiasi pada Presiden Jokowi yang punya perhatian khusus pada isu ini karena memang makin mengkhawatirkan dengan data dari tahun ke tahun semakin meningkat utamanya WNI yang menjadi korban online scammer," kata Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, 9 Mei 2023.

Selain mendorong negara-negara ASEAN mengadopsi dokumen kerja sama penanggulangan perdagangan orang, kata Christina, KTT juga bisa secara rinci menjabarkan langkah-langkah teknis yang bisa dilakukan pada lingkup ASEAN untuk memberantas TPPO tersebut.

“Dengan data ini saja rasanya KTT ASEAN memang jadi momentum yang sangat tepat untuk membahas hal ini secara mendalam dan langkah-langkah tindak lanjut apa yang bisa dilakukan ke depan di tingkat ASEAN. Jadi bukan hanya sekadar adopsi dokumen tapi rumusan konkret dan teknis yang bisa dilakukan," lanjutnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong pembahasan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) terutama online scams pada penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN.

“Saya tegaskan bahwa kejahatan perdagangan manusia harus diberantas tuntas dari hulunya sampai ke hilir. Saya ulangi, harus diberantas tuntas,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya di Labuan Bajo, Senin, 8 Mei 2023.

Tags : KTT ASEAN , Presiden Jokowi

Berita Terkait