RI Gandeng Korsel Bangun Pusat Layanan Kendaraan Listrik

| Rabu, 17/05/2023 15:24 WIB
RI Gandeng Korsel Bangun Pusat Layanan Kendaraan Listrik Ground Breaking Ceremony for Indonesia-Korea e-Mobility Center di Jakarta, (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Indonesia dan Korea Selatan secara resmi memulai pembangunan pusat layanan (service center) kendaraan listrik yang bertempat di Balai Besar dan Survei Pengujian (BBSP) Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (KEBTKE).

Direktur Jenderal EBTKE Dadan Kusdiana mengatakan hal ini merupakan wujud implementasi perjanjian kerja sama Record of Discussion (RoD) Installation of Solar Charged E-Vehicle System in Indonesia yang telah disepakati kedua belah pihak pada 2 November 2022 lalu.

"Pendirian pusat layanan ini merupakan kolaborasi kedua negara yang bertujuan untuk berkontribusi bersama pada pengurangan emisi di sektor transportasi dan pembangunan ekosistem kendaraan listrik yang berkelanjutan," ungkap Dadan Kusdiana dalam keterangan tertulisnya, Rabu 17 Mei 2023.

Kerja sama Indonesia-Korea ini terdiri dari tiga fasilitas utama yaitu pusat layanan kendaraan listrik, bengkel konversi sepeda motor dan stasiun pengisian kendaraan listrik.

"Pusat layanan ini juga akan berfungsi sebagai tempat pengembangan sumber daya manusia, belajar dan membiasakan diri dengan teknologi kendaraan listrik dan perkembangannya," imbuh Dadan.

Di samping itu, akan dibangun juga beberapa stasiun pengisian kendaraan listrik umum bertenaga surya sebagai langkah nyata komitmen mempercepat transisi energi. 

 

 

Tags : korsel , kendaraan listrik

Berita Terkait