Kepala BNPB Suharyanto Tinjau Lokasi Pembangunan Rumah Tahan Gempa di Cianjur

| Rabu, 24/05/2023 18:07 WIB
Kepala BNPB Suharyanto Tinjau Lokasi Pembangunan Rumah Tahan Gempa di Cianjur Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto meninjau beberapa lokasi pembangunan rumah terdampak gempa di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa, 23 Mei 2023.

Dalam momen itu, Kepala BNPB Suharyanto beserta rombongan menggunakan motor untuk meninjau lokasi yang sulit diakses menggunakan mobil. Adapun lokasi pertama yaitu Kp. Cibeleng Hilir, Desa Cikancana, Kecamatan Gekbrong.

"Di sini banyak rumah yang sudah selesai dibangun oleh pemerintah dan swadaya oleh pemilik rumahnya. Warga diperbolehkan juga membangun rumah dengan pengerjaan sendiri melalui dana stimulan yang telah diberikan pemerintah, dengan tetap memerhatikan standar tahan gempa," ungkap Suharyanto.

Setelah meninjau lokasi pertama, Suharyanto Kemudian meninjau Desa Padaluyu Kecamatan Cugenang untuk berbincang dengan masyarakat dan perangkat Desa tentang dana stimulan bagi masyarakat.  Setelah itu ia menuju tempat pembuatan panel dinding tahan gempa.

"Dana stimulan ini untuk pembangunan rumah, jangan untuk memenuhi kebutuhan lain, tujuannya masyarakat dapat kembali pulang ke rumah yang lebih aman," pungkasnya.

Tags : BNPB , Gempa Cianjur