Cegah Narkoba di Sektor Pariwisata, Kemenparekraf Gandeng BNN

| Selasa, 30/05/2023 22:18 WIB
Cegah Narkoba di Sektor Pariwisata, Kemenparekraf Gandeng BNN Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (Doc: Parekraf)

RADARBANGSA.COM – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk menyebarkan informasi dan memberikan edukasi berkenaan dengan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Pariwisata yang berkualitas itu adalah salah satunya bebas penyalahgunaan narkoba,” ujar Menparekraf Sandiaga di Jakarta, Senin, 29 Mei 2023.

Sandiaga menjelaskan bahwa di lingkungan Kemenparekraf sendiri sudah menggalakkan edukasi antinarkoba, salah satunya di screen yang terpasang di tiap lift telah diputarkan edukasi dan ajakan untuk menghindari narkoba.

“Melalui kerja sama ini, kami menginginkan sosialisasi yang lebih masif. Mari kita berkolaborasi untuk Indonesia yang bebas narkoba,” ujar Sandiaga.

Kepala Badan Narkotika Nasional, Petrus Reinhard Golose menambahkan jika dilihat secara global ada sekitar 275 juta pengguna narkotika. Sementara di Indonesia itu hasil prevalensinya sekitar 1,95 persen.

Menariknya, kata Petrus, pada waktu COVID-19 angka tersebut naik 0,15 persen. Karena itu, seluruh stakeholder perlu bersama-sama melakukan penetrasi narkoba, terutama di daerah wisata agar dapat dicegah sedini mungkin.

“Bagaimana kita mendidik anak-anak kita, calon-calon pemimpin generasi Indonesia, generasi emas kita untuk tourism without drugs. Ini saya rasa yang perlu secara gamblang harus kita laksanakan,” ujar Petrus.

Tags : BNN , Parekraf

Berita Terkait