Pemerintah Kota Tangerang Optimalkan Layanan Digital bidang Kearsipan

| Selasa, 06/06/2023 18:09 WIB
Pemerintah Kota Tangerang Optimalkan Layanan Digital bidang Kearsipan Kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus mengoptimalkan digitalisasi dalam bidang kearsipan. Hal ini dilakukan untuk terus meningkatkan pelayanan yang optimal bagi masyarakat.

"Di era digital saat ini, tentunya kearsipan juga harus dapat turut menyesuaikan dengan perkembangan yang ada saat ini. Dan ini tanggung jawab kita bersama dalam memenuhi bukti akuntabilitas kinerja dalam setiap unit kerja,” ungkap Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin saat rakor seluruh arsiparis OPD se Kota Tangerang, Selasa, 6 Juni 2023.

“Kita masifkan pengarsipan berbasis elektronik ini demi mewujudkan pelayanan yang semakin akuntabel, berintegritas dan transparan,” tambahnya.

Sementara itu, Pejabat Ahli Utama Arsip Nasional RI M. Taufik, juga menjelaskan, sistem kearsipan nasional yang semakin baik ini juga atas dukungan dari seluruh pihak termasuk pemerintah kabupaten kota seluruh Indonesia.

“Sistem ini memiliki banyak manfaat karena sudah tidak lagi menggunakan kertas (paperless), tanda tangan sudah menggunakan elektronik, bisa diakses secara online, pemanfaatan aplikasi ini meningkatkan indeks kearsipan di masing-masing unit kerja," ungkapnya.

Dalam rakor tersebut, Pemkot Tangerang juga turut memberikan penghargaan Audit Sistem Kearsipan Internal (ASKI) kepada sejumlah OPD yakni, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Dinas Perkimtan, Kecamatan Ciledug, DPMPTSP, dan Diskominfo Kota Tangerang.

Tags : Kota Tangerang , Digital