BNPB Terus Dorong Pemkab Cianjur Tuntaskan Rehabilitasi dan Rekontruksi Pasca Gempa

| Rabu, 07/06/2023 20:29 WIB
BNPB Terus Dorong Pemkab Cianjur Tuntaskan Rehabilitasi dan Rekontruksi Pasca Gempa Sejumlah rumah ambruk akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Senin (21/11) siang. (Foto: BNPB)

RADARBANGSA.COM – Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mendorong kembali kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur agar seluruh pekerjaan yang meliputi rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempabumi Cianjur M 5.6 agar segera dituntaskan.

“Pekerjaan rehabilitasi dan rekonstruksi adalah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, sehingga ada masanya nanti bahwa pendampingan yang dilakukan pemerintah pusat dalam upaya penanggulangan bencana Cianjur akan ditarik,” kata Suharyanto dalam rilisnya, Rabu, 7 Juni 2023.

Kepada jajaran Forkopimda Cianjur tersebut, Suharyanto juga meminta agar seluruh jajaran tersebut senantiasa membantu Bupati Cianjur dalam urusan rehabilitasi dan rekonstruksi. Sebab, hal itu sudah kembali menjadi kewenangan dan tanggung jawab pemerintah daerah.

Suharyanto menekankan agar segala solusi yang dianggap paling tepat untuk pemenuhan hak-hak masyarakat terdampak terkait rehabilitasi dan rekonstruksi dapat diambil, tentunya dengan pertimbangan yang dapat didiskusikan dengan BNPB.

“Oleh sebab itu, selama masih didampingi pemerintah pusat, Kepala BNPB meminta kepada jajaran unsur Forkompimda Cianjur agar melaporkan segala hal terkait perkembangan maupun persoalan yang ada dalam fase rehabilitasi dan rekonstruksi kepada BNPB,” imbuhnya.

Adapun mengenai progres rehabilitasi dan rekonstruksi gempabumi Cianjur, Kepala BNPB mengatakan bahwa hingga tujuh bulan pascabencana sudah dilaksanakan pekerjaan hingga tahap ketiga. Adapun dana yang telah digelontorkan hingga tahap ketiga ini mencapai 1,9 triliun.

“Kedepannya, Kepala BNPB juga mewanti-wanti kembali pada fase tahap keempat nantinya agar segenap unsur Forkopimda Cianjur dapat menghitung dan mereviu kembali termasuk jumlah kerusakan rumah dan siapa saja yang berhak menerima program rehabilitasi dan rekonstruksi,” tukas Suharyanto.

Tags : BNPB , Gempa Cianjur