Presiden Jokowi Apresiasi Komitmen Anwar Ibrahim Lindungi PMI di Malaysia

| Kamis, 08/06/2023 16:55 WIB
Presiden Jokowi Apresiasi Komitmen Anwar Ibrahim Lindungi PMI di Malaysia Presiden Jokowi saat konferensi pers bersama PM Malaysia Anwar Ibrahim setelah pertemuan di kediaman resmi PM Malaysia, di Seri Perdana, Putrajaya, Malaysia, Kamis (8/6). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi komitmen Perdana Menteri (PM) Malaysia, Anwar Ibrahim dalam upaya memperkuat perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berada di wilayahnya.

"Saya sangat menghargai sekali komitmen Dato Seri Anwar Ibrahim untuk memperkuat perlindungan pekerja migran Indonesia," kata Presiden Jokowi dalam jumpa pers bersama PM Anwar Ibrahim usai pertemuan di Seri Perdana, Putrajaya, Malaysia, Kamis, 8 Juni 2023.

Dilansir dari antaranews, Presiden Jokowi mengapresiasi upaya Anwar Ibrahim untuk memperkuat upaya penegakan hukum yang adil bagi PMI di Malaysia. "Juga, saya dan Pak Anwar sepakat untuk membentuk mekanisme khusus bilateral untuk menyelesaikan masalah-masalah pekerja migran Indonesia," tukasnya.

Selain itu, Jokowi juga mendorong segera diwujudkan pusat pembelajaran masyarakat (community learning center) di Semenanjung Malaya. "Dan juga WNI yang ada di depo imigrasi bisa segera dipulangkan serta one channel system harus dioptimalkan," kata Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Anwar Ibrahim menyatakan bahwa dia tidak menganggap kedatangan Jokowi sebagai lawatan kerja antara dua pemimpin negara semata. "Karena saya anggap Presiden Jokowi sebagai sahabat yang sejati dan perundingan kami itu perundingan keluarga, perundingan sahabat. Ini terbukti dengan peningkatan kerja sama dan kesepahaman dalam masa yang singkat ini luar biasa," ujar Anwar.

Tags : Jokowi , Pekerja Migran , Indonesia , Malaysia , Anwar Ibrahim