Indonesia Dorong Negara Non Blok Percepat Pemulihan Ketenagakerjaan Global

| Kamis, 08/06/2023 19:20 WIB
Indonesia Dorong Negara Non Blok Percepat Pemulihan Ketenagakerjaan Global Indonesia turut menghadiri Konferensi Perburuhan Internasional di Jenewa, Swiss (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker), Afriansyah Noor menghadiri Rapat Menteri Gerakan Non Blok di sela-sela Sesi ke-111 Konferensi Perburuhan Internasional (International Labour Conference/ILC) di Jenewa, Swiss, Rabu (7/6/2023) waktu setempat.

Dalam kesempatan itu, Afriansyah mengatakan, Pemerintah Indonesia mendorong negara-negara yang tergabung dalam Gerakan Non Blok (GNB) agar mempercepat pemulihan ketenagakerjaan global.

“Indonesia mengusulkan dan mendorong 3 langkah penting untuk mempercepat pemulihan kondisi ketenagakerjaan global," kata Afriansyah dalam rilisnya, Kamis, 8 Juni 2023.

Usulan pertama, imbuh Afriansyah, memulihkan dan memperkuat kerja sama multilateral yang menjunjung tinggi prinsip persatuan, dialog, dan penghormatan terhadap hukum internasional.

“Kedua, meningkatkan kerja sama tripartit dalam upaya pemulihan kondisi ketenagakerjaan dan membangun ekonomi yang lebih berkelanjutan,” imbuhnya.

Ketiga, lanjut Afriansyah, Indonesia mengusulkan kepada negara non blok untuk memastikan pelindungan sosial yang komprehensif dan lebih melindungi bagi pekerja rentan seperti pekerja perempuan, pekerja muda, pekerja migran, dan pekerja penyandang disabilitas.

Dalam rapat tersebut, ia juga menekankan pentingnya penguatan Kerja Sama Selatan-Selatan (KSS), sehingga kerja sama multilateral yang dibangun selama ini dapat menunjukkan keberhasilannya. Termasuk penguatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Kami ingin menegaskan kembali komitmen Indonesia terhadap Gerakan kita. Kami siap berkolaborasi dengan anggota lain dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja kita,” tukas Afriansyah.

Tags : Kemnaker , Ketenagakerjaan