Menhub Sebut LRT Jabodebek Diresmikan 18 Agustus, Kereta Cepat Oktober-November

| Jum'at, 09/06/2023 19:45 WIB
Menhub Sebut LRT Jabodebek Diresmikan 18 Agustus, Kereta Cepat Oktober-November LRT Jabodebek. (Foto: twitter @kabarpenumpang)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan diresmikan pada Oktober-November 2023. Adapun proyek LRT Jabodebek akan diresmikan pada 18 Agustus 2023 mendatang.

"Sebentar lagi LRT Jabodebek akan diresmikan 18 Agustus, lalu Oktober atau November kereta cepat," kata Menhub di Plataran Senayan, Jakarta, Jumat, 9 Juni 2023.

Sementara, sebelum diresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dilakukan uji coba lebih dulu pada pertengahan Juni 2023. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam rapat kerja Badan Anggaran (Banggar) DPR RI terkait RAPBN 2024 hari ini.

"Saya ingin melaporkan juga terkait KCJB, jadi KCJB ini karena di bawah kordinasi saya, ini tanggal 14 bulan ini kita akan 300 km per jam. Saya ulangi kami akan trial 300 km per jam," ujarnya.

Kemudian pada Agustus mendatang, Luhut mengatakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dioperasikan untuk masyarakat yang berada di wilayah rel kereta. Kegiatan tersebut dilakukan secara gratis.

"Kereta api cepat ini nanti akan kita siapkan bulan Agustus untuk rakyat sekitar yang tinggal di rel kereta api, jadi nanti mereka akan sampailan gratis sambil mencoba ini dan itu akan capai 350 km per jam," tukasnya.

Sementara untuk LRT Jabodebek, Luhut menyebutkan bahwa keretanya menggunakan kereta buatan dalam negeri.

"Kami laporkan LRT ini hampir semua buatan dalam negeri. Memang awal-awal itu banyak sekali tak setuju. Namun, saya lapor langsung ke Presiden biarkan saja pakai buatan dalam negeri," kata Luhut.

Tags : LRT Jabodebek , Kereta Cepat , Menhub RI

Berita Terkait