Di ILC, Ida Fauziyah: Indonesia Terus Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi

| Selasa, 13/06/2023 19:15 WIB
Di ILC, Ida Fauziyah: Indonesia Terus Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyampaikan bahwa Indonesia telah melakukan langkah-langkah konkret terkait memajukan keadilan sosial di tingkat nasional.

Hal itu Menaker Ida Fauziyah sampaikan pada pidato nasional pada International Labour Conference (ILC) ke-111 di Jenewa, Swiss, Selasa, (13/6/2023).

“Indonesia terus meningkatkan program, kebijakan, dan strategi ketenagakerjaan untuk mengurangi tingkat pengangguran, meningkatkan penciptaan lapangan kerja yang layak, serta menjadikan pasar kerja lebih inklusif dan berkelanjutan,” kata Menaker Ida Fauziyah.

Menaker Ida mengungkapkan, Indonesia telah merevitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi melalui pembelajaran sepanjang hayat, menghasilkan G20 Strategi Keterampilan yang diperluas, dan mendorong harmonisasi standar pelatihan keterampilan dan sistem sertifikasi profesi di ASEAN.

Selain itu, Menaker Ida menegaskan komitmen Indonesia untuk mempromosikan dialog sosial dengan pemangku kepentingan berdasarkan kebebasan berserikat dan hak untuk perundingan bersama.

“Salah satunya seperti pembuatan Undang-Undang Cipta Kerja yang bertujuan untuk menciptakan dan meningkatkan peluang kerja serta memberikan pelindungan yang lebih baik bagi para pekerja,” tukas Menaker Ida Fauziyah.

Tags : Kemnaker , Ketenagakerjaan