Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Smelter PT AMNT NTB

| Selasa, 20/06/2023 17:40 WIB
Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Smelter PT AMNT NTB Presiden Jokowi saat meninjau Smelter PT AMNT di Nusa Tenggara Barat (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan smelter PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (20/06/2023).

“Saya hanya ingin memastikan bahwa progresnya sesuai dengan perencanaan dan selesai pertengahan tahun depan,” ucap Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa hasil verifikasi terakhir progres pembangunan smelter PT AMNT yang dilakukan oleh tim investasi dan Kementerian ESDM yang telah mencapai 51,63 persen.

“Insyaallah di pertengahan 2024 sudah selesai,” kata Presiden Jokowi.

PT AMNT pada saatnya nanti memiliki kapasitas produksi 900.000 ton konsentrat. Oleh karena itu, Presiden Jokowi berharap agar industrialisasi juga bisa dilakukan pada turunan dari katoda tembaga yang dihasilkan agar memberi nilai tambah dan lapangan kerja sebanyak-banyaknya.

“Baik berupa nilai ekspornya, juga membuka lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya” tukas Presiden Jokowi.

Presiden juga meminta agar nantinya turunan-turunan dari hasil smelter juga diintegrasikan agar menjadi barang jadi dengan ekosistem besar, salah satunya ekosistem kendaraan listrik. Presiden menilai, hal tersebut dapat mendorong Indonesia menjadi negara maju.

"Seperti yang sering saya sampaikan litium baterai, EV baterai, dan nanti jadi barang gedenya apa? Mobil listrik, kalau itu jadi ya itu ekosistem besar itu yang selesai kita bangun, itu lah nanti yang melompatkan kita dari negara berkembang menjadi negara maju ya itu salah satunya," imbuhnya.

Tags : Presiden Jokowi , Investasi

Berita Terkait