Terima Kunjungan Parlemen Uni Eropa, Komisi VI Harap IEU-CEPA Segera Dapat Diratifikasi

| Rabu, 21/06/2023 17:04 WIB
Terima Kunjungan Parlemen Uni Eropa, Komisi VI Harap IEU-CEPA Segera Dapat Diratifikasi Ketua Komisi VI DPR Faisol Riza dan anggota Komisi VI DPR melakukan pertemuan dengan Parlemen Uni Eropa di Gedung Nusantara II (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Parlemen Indonesia dan Uni Eropa melakukan pertemuan di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa, 20 Juni 2023 kemarin. Pertemuan ini membahas penyelesaian Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Uni Eropa (Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement/IEU-CEPA).

Anggota Komisi VI DPR RI, Evita Nursanty mengatakan bahwa untuk mendorong perjanjian tersebut segera diratifikasi, Komisi VI perlu memastikan terlebih dahulu apa yang masih menjadi concerndari delegasi Uni Eropa terhadap perjanjian tersebut. Yakni, terkait keberlanjutan tanggung jawab terhadap lingkungan, hingga isu mengenai pekerja di bawah umur (labor child).

"Sebenarnya kan ada beberapa isu dari dulu (yang) saya rasa kita semua sudah tahu, (bahwa) kita punya kendala mengenai palm oil kita di Eropa dengan segala isu yang dikatakan kita (melakukan) labor child, pokoknya di hal-hal yang berkaitan dengan sustainability environmental. Nah, tadi kita mengatakan kita memastikan kepada mereka bahwa apa yang menjadi concern dari European (IEU-CEPA) itu sebenarnya tidak harus terjadi," kata Evita Nursanti.

Ke depan, Evita berharap di tahun ini, IEU CEPA bisa segera diselesaikan, sehingga kedua negara dapat merasakan benefit dari perjanjian tersebut.

"Bagi Indonesia sendiri bagaimana kita bisa meningkatkan ekspor kita, mereka juga ekspornya ke Indonesia. Jadi mutual benefits itu akan dirasakan dan hubungan dagang antara Indonesia dan Uni Eropa itu akan lebih bisa ditingkatkan," tukas Evita.

Tags : Parlemen Uni Eropa , Komisi VI DPR

Berita Terkait