Legislator Komisi III DPR Minta Seluruh Polda Waspadai Karhutla

| Selasa, 04/07/2023 19:08 WIB
Legislator Komisi III DPR Minta Seluruh Polda Waspadai Karhutla kebakaran hutan

RADARBANGSA.COM – Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni, meminta seluruh Polda agar bersiaga penuh atas potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), di wilayah masing-masing.

“Seluruh Polda harus siaga penuh untuk tangani karhutla di wilayah tugasnya masing-masing. Sistem pencegahan dan penanganannya harus dipastikan taktis, responsif, dan up to date. Seperti pemantauan lahan menggunakan drone yang bisa lebih dioptimalkan lagi,” kata Ahmad Sahroni dalam keterangannya, Senin, 3 Juli 2023.

Menurut Sahroni, perbuatan oknum pembakar lahan ini memiliki dampak yang sangat buruk dalam segala aspek, baik dari segi lingkungan, hingga Kesehatan masyarakat sekitar.

“Karhutla ini dampaknya sangat luar biasa buruk. Baik itu dari segi lingkungan, kualitas udara, sampai kesehatan masyarakat sekitar. Asap hasil pembakaran yang dihasilkan jelas sangat berbahaya. Jadi jika sengaja dibakar, berarti pelaku sama saja mencelakai seluruh masyarakat di daerah situ,” ungkap Sahroni.

Sementara itu, terkait Karhutla di Kalimantan Selatan, Sahroni mendukung penuh Kapolda Kalsel untuk segera mengungkap seluruh pihak yang terlibat, terutama karena kondisi krisis iklim yang sudah makin darurat.

“Ini kondisinya sudah darurat, tidak bisa ditawar lagi. Perusahaan yang membakar hutan harus ditindak dan diusut tegas. Mau itu perorangan atau perusahaan, tangkap sampai ke atas-atasnya. Karena ini jelas-jelas kejahatan, bukan bencana alam. Jadi polri harus berantas," tandasnya.

Tags : Komisi III DPR , Karhutla , Polda

Berita Terkait