Lewat Lansia Sumringah, Pemkot Tangerang Beri Perhatian Seriun pada Lansia

| Kamis, 06/07/2023 20:40 WIB
Lewat Lansia Sumringah, Pemkot Tangerang Beri Perhatian Seriun pada Lansia Kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Kota Tangerang memberikan perhatian serius kepada lansia (lanjut usia) agar mandiri, bugar dan Bahagia. Perhatian ini diimplementasikan dalam program Lansia Sumringah.

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin mengatakan, program tersebut berkolaborasi dengan berbagai sektor dan melibatkan peran serta keluarga dalam memberikan perawatan jangka panjang kepada Lansia.

“Dengan pendekatan ini, Lansia Sumringah berhasil menciptakan lingkungan yang inklusif dan memastikan bahwa semua Lansia dapat mengakses pelayanan kesehatan sesuai standar,” kata Sachrudin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraeni menjelaskan, pada Konsep Lansia Sumringah, meliputi beberapa layanan yaitu Lansia sehat meliputi Pelayanan Posyandu Sehat dan Pemberdayaan Lansia. Lansia Sakit melalui Pelayanan Cageur Jasa, Puskesmas Santun Lansia, Ambulans Gratis, Ambulan SMART 119, serta Poli Geriatri RSUD Kota Tangerang.

“Adapun pelayanan meliputi layanan pengecekan kesehatan rutin yang langsung datang ke rumah melalui Cageur Jasa ataupun datang langsung melalui Posyandu Sehat dan Puskesmas Ramah Lansia,” jelas Dini Anggraeni.

Lalu, kata Dini, untuk menjaga kondisi tubuh, pihaknya mengadakan kegiatan rutin senam sehat Lansia dan menyarankan pola makan sehat dan bergizi. Pada prinsipnya "No One Elderly Left Behind" yang berarti tidak ada seorang pun Lansia yang terabaikan, tentunya menjadi fokus perhatiannya.

Sebagai informasi program Lansia Sumringah dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang sementara masuk 99 besar dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Nasional.

Tags : Pemkot Tangerang , Lansia , Lansia Sumringah

Berita Terkait