Presiden Jokowi Tinjau Langsung Ladang Jagung di Keerom Papua

| Kamis, 06/07/2023 21:05 WIB
Presiden Jokowi Tinjau Langsung Ladang Jagung di Keerom Papua Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke ladang jagung di Kabupaten Keerom Papua (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung ladang jagung yang ada di kawasan food estate, Desa Wambes, Kecamatan Mannem, Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (06/07/2023).

“Ini adalah jagung yang kita tanam 3 bulan yang lalu, tepatnya 107 hari yang lalu kita ke sini, kita tanam, dan hasilnya ini,” kata Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan itu juga, Presiden Jokowi melihat ada beberapa hal yang bisa diperbaiki agar hasil panennya bisa lebih maksimal, “Memang ada yang sudah bagus-bagus, gede-gede, tapi juga ada yang masih [kecil] karena terlalu banyak air sehingga tadi dievaluasi dari Pak Mentan, dari Pak Bupati, dari petani memang paritnya harus lebih dikecilkan jaraknya dari 12 jadi 5 atau 6 meter,” imbuhnya.

Presiden Jokowi juga menyebut bahwa harga jual dari panen jagung di kawasan tersebut cukup tinggi, berkisar Rp5.000-6.000 per kilogram, lebih tinggi dibandingkan harga pokok produksi (HPP).

“Saya kira sudah untungnya gede. Artinya kalau 7 ton per hektare kali Rp6 ribu berarti sudah Rp42 juta per hektare. Hati-hati. Kalau kita punya 1.000 hektare berarti Rp42 miliar, gede banget untuk hanya 3 bulan atau 100 hari,” jelasnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan tersebut adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar, Plh. Gubernur Papua Ridwan Rumasukun, dan Bupati Keerom Piter Gusbager.

Tags : Panen Jagung , Presiden Jokowi

Berita Terkait