Saka Kalpataru Jadi Pelopor Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Tangerang

| Jum'at, 07/07/2023 21:29 WIB
Saka Kalpataru Jadi Pelopor Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Tangerang Kendaraan dinas kebersihan Kota Tangerang (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Satuan Karya Pramuka (Saka) Kalpataru menjadi pelopor kebersihan dan lingkungan hidup di Kota Tangerang Banten. Saka Kalpataru ini dibawah binaan Dina Lingkungan Hidup Kota Tangerang.

Kepala DLH Kota Tangerang, Tihar, menjelaskan bahwa DLH bertanggung jawab dalam membina anggota pramuka dari Saka Kalpataru yang nantinya bertugas dalam menata kelola lingkungan hidup di wilayahnya masing-masing. Dimana memiliki tiga Krida, diantaranya Krida Perubahan Iklim, Krida 3R (Reduce, Reuse, Recycle), serta Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati.

“Kami memiliki kewajiban membina Saka Pramuka Kalpataru. Nantinya mereka akan bertugas sebagai satuan pramuka kepada masyarakat yaitu bagaimana menata kelola lingkungan hidup di wilayahnya masing-masing, dimana Kalpataru merupakan pohon kehidupan,” jelas Tihar di Tangerang, Jumat, 7 Juli 2023.

Tihar mengungkapkan, sejak tahun 2016 Saka Kalpataru ditingkat penegak dan pandega hingga saat ini beranggotakan 85 orang. Dengan usia antara 16 hingga 25 tahun, mereka terus berperan aktif melakukan kegiatan yang berhubungan dengan menjaga lingkungan hidup.

“Mereka turut serta membantu program DLH dalam melakukan pembibitan, pemeliharaan tanaman, penghijauan, pengurangan sampah dan melakukan sosialisasi peduli berbudaya lingkungan hidup saat event kota dan CFD,” kata Tihar.

Tags : Saka Kalpataru , DLH , Kebersihan

Berita Terkait