Tumbuhkan Perekonomian, Prof Paiman Rahardjo Bakan Genjot BUMDes

| Selasa, 18/07/2023 22:32 WIB
Tumbuhkan Perekonomian, Prof Paiman Rahardjo Bakan Genjot BUMDes Wamendes PDTT Paiman Rahardjo (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Prof Paiman Rahardjo bakal menggenjot Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) guna menumbuhkan perekonomian lokal hingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kalau kita lihat pertumbuhan desa itu masih lambat, oleh karena itu bagaimana memaksimalkan BUMDes sehingga perekonomian lokal itu akan tumbuh dan berkembang sehingga bisa mendukung pertumbuhan nasional,” kata Paiman Raharjo usai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 17 Juli 2023.

Paiman menceritakan, saat dirinya dihubungi Istana untuk mengemban amanah sebagai Wamendes PDTT, Presiden Jokowi memberikan arahan kepada dirinya untuk memperkuat Kemendes PDTT.

“Kemendes harus diperkuat untuk melaksankan kebijakan-kebijakan yang dapat menopang pertumbuhan ekonomi di desa,” cerita Paiman.

Saat ini, kata dia, pertumbuhan ekonomi di desa-desa masih dalam kategori lambat. Maksimalkan peran BUMDes sebagai penopang pertumbuhan ekonomi di desa menjadi salah satu kunci, selain juga berusaha agar Dama Desa semakin tepat sasaran.

“Kita perlu bersinergi, kerja sama juga untuk memaksimalkan penyaluran dana desa yang tiap tahunnya meningkat tapi di kurun waktu 2022 mengalami penurunan dari sebelumnya. Oleh karena itu bagaimana kementerian desa ini bisa membina desa-desa,” tukasnya.

Diketahui, Presiden Jokowi melantik Paiman Rahardjo sebagai Wamendes PDTT. Ia menggantikan Budi Arie Setiadi yang dilantik menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika menggantikan Johnny G.Plate.

Tags : Kemendes PDTT , BUMDes