Presiden Jokowi dan Xi Jinping Komitmen Tingkatkan Kerja Sama di Berbagai Bidang

| Jum'at, 28/07/2023 20:48 WIB
Presiden Jokowi dan Xi Jinping Komitmen Tingkatkan Kerja Sama di Berbagai Bidang Presiden Jokowi foto bersama dengan Presiden Xi Jinping usai pertemuan bilateral di Hotel Hotel Jinniu, Chengdu, RRT, Kamis (27/7). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Xi Jinping di Hotel Jinniu, Chengdu, Kamis, 27 Juli 2023. Pertemuan tersebut membahas sejumlah kerja sama Indonesia-Tiongkok. 

Beberapa kerja sama yang dibahas kedua kepala negara antara lain meliputi penguatan perdagangan, investasi, kerja sama di bidang kesehatan, kerja sama pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), hingga kerja sama riset serta teknologi. Presiden Jokowi mengapresiasi penyelesaian protokol impor dalam sejumlah produk antara Indonesia dan Tiongkok.

"Ke depan kita perlu terus dorong pembaruan protokol dan peningkatan kuota impor sarang burung walet serta penyelesaian protokol impor produk laut Indonesia," kata Presiden Jokowi.

Untuk proyek pembangunan IKN, Presiden berharap agar Tiongkok dapat terus menjadi mitra strategis. "Semoga kerja sama Otoritas IKN dengan Pemerintah Kota Shenzen dapat berkontribusi bagi perencanaan dan pengembangan IKN," tukasnya.

Terkait kerja sama di bidang kesehatan, Presiden Jokowi menyambut baik finalisasi rencana aksi implementasi kerja sama kesehatan antara Indonesia dan Tiongkok.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping juga membahas beberapa isu kawasan meliputi kerja sama ASEAN-RRT hingga dukungan RRT terhadap sentralitas ASEAN untuk mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai dan sejahtera.

"Indo-Pasifik adalah kawasan strategis yang harus kita jaga sebagai kawasan damai dan stabil," ucap Presiden Jokowi.

Tags : Jokowi , Xi Jinping , Indonesia , Tiongkok , Bilateral

Berita Terkait