Gali Potensi Kearifan Lokal, Paiman Raharjo Harap Klaten Gandeng Perguruan Tinggi

| Jum'at, 28/07/2023 20:33 WIB
Gali Potensi Kearifan Lokal, Paiman Raharjo Harap Klaten Gandeng Perguruan Tinggi Wamendes PDTT Paiman Rahardjo (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Paiman Raharjo menghadiri Hari Ulang Tahun Kabupaten Klaten ke-219 di Alun-alun Klaten, Jumat (28/7/2023).

Dalam kesempatan itu, Paiman berharap Kabupaten Klaten bisa menggali potensi-potensi kearifan lokal seperti embung-embung, umbul air yang bisa dijadikan produk air mineral dan wisata lokal yang belum terekspose ke publik serta digarap secara baik. Termasuk menggandeng perguruan tinggi untuk mengali potensi yang dimiliki Klaten ini.

"Klaten harus menggandeng Perguruan Tinggi untuk melakukan kajian dan penelitian mengenai potensi yang dimiliki Klaten," kata Paiman Raharjo.

Paiman menuturkan bahwa Klaten telah berusia 219 tahun, harusnya miliki jati diri dan inovatif dalam pengembangan pembangunan yang berdampak untuk kesejahteraan masyarakatnya. Menurutnya, Jika dilihat dari sisi pengembangan SDM, Klaten harus lebih meningkatkan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) walau sudah cukup tinggi namun perlu fokus dalam hal pembangunan Pendidikan, Kesehatan, dan Pendapatan.

Untuk itu, Paiman mendorong Kabupaten Klaten untuk mengembangkan potensi lokal yang ada di desa dengan memanfaatkan orang-orang hebat yang dimiliki klaten.

"Sehingga kami dari Kementerian Desa,Pembangunan Daerah Tertinggal dan Teansmigrasi bisa melakukan sinergitas melalui pemaksimalan pemanfaatan Dana Desa sehingga membantu desa-desa mengentaskan kemiskinan,” tukas Paiman.

Tags : HUT Klaten , Kemendes PDTT

Berita Terkait