Gus Halim Minta Pendamping Desa Dampingi Susun APBDes

| Rabu, 02/08/2023 17:16 WIB
Gus Halim Minta Pendamping Desa Dampingi Susun APBDes Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) meminta pendampin desa untuk mendampingin dan memfasilitasi penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2024 mendatang.

"TPP (Tenaga Pendamping Profesional) harus benar-benar mendampingi agar APBDes 2024,” kata Gus Halim saat membuka "Training of Trainer (ToT) Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendamping Profesional Metode Tatap Muka Regional IV di Jakarta, Selasa (1/8/2023).

Gus Halim menekankan bahwa APBDes tersebut harus dibuat untuk kegitatan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan Sumber Daya Manusia di Desa, “Proporsinya sebesar-besarnya untuk program-program kegiatan pertumbuhan ekonomi desa dan peningkatan SDM desa," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Gus Halim juga tak lupa mengapresiasi kinerja Pendamping Desa mewujudkan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) secara masif, dalam peningkatan kualitas layanan publik dan pengoptimalan aset-aset desa.

"Dan itu akan saya potret nanti secara nasional, kondisi APBDes dan kita laporkan ke Presiden. Bisa kita tunjukkan bahwa ada progres signifikan dan semua itu tidak bisa terlaksana tanpa adanya Pendamping Profesional," tukas Gus Halim.

Tags : APBDes , Pendamping Desa

Berita Terkait