Ketua DPR RI Resmi Buka Sidang Umum ke-44 AIPA, Ajak Negara ASEAN Bersatu

| Senin, 07/08/2023 20:20 WIB
Ketua DPR RI Resmi Buka Sidang Umum ke-44 AIPA, Ajak Negara ASEAN Bersatu Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: DPR RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani menyerukan pesan solidaritas dan persatuan negara-negara di kawasan Asia Tenggara dalam Sidang Umum ke-44 'ASEAN Inter-Parliamentary Assembly' (AIPA). Ia berpesan, AIPA harus dapat menemukan solusi dan titik temu komitmen bersama ditengah perbedaan antar negara AIPA.

"Stabilitas merupakan prasyarat bagi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Asia Tenggara. ASEAN yang damai, stabil, dan sejahtera akan berkontribusi bagi stabilitas dan pertumbuhan ekonomi global," kata Puan saat menyampaikan pidato Pembukaan Sidang AIPA ke-44 di Fairmont, Senayan, Jakarta, Senin, 7 Agustus 2023.

Adapun persatuan dan kerja sama berperan penting untuk mengatasi tantangan yang dihadapi Asean sebagai satu kesatuan kawasan. Karena itu, pesan Puan,  AIPA akan terus melanjutkan, memperkuat dan mempertajam komitmen yang diperlukan untuk menjaga dan memastikan kawasan Asia Tenggara yang kondusif, damai, stabil dan sejahtera. 

Hal ini juga sejalan dengan tema Majelis Umum AIPA ke -44 yaitu “Responsive Parliaments for a Stable and Prosperous ASEAN”, yang merupakan komitmen bersama dalam ikut menciptakan perdamaian dan kesejahteraan di Asia Tenggara.

Tema Sidang Umum AIPA ke-44 juga selaras dengan tema Keketuaan Indonesia pada KTT ASEAN ke-42 yakni ‘ASEAN Matters: Epicentrum of Growth’ di mana tema tersebut menekankan pentingnya ASEAN sebagai jangkar stabilitas dunia dari perspektif politik-keamanan, dan sebagai pusat pertumbuhan dari perspektif ekonomi.

Indonesia melalui DPR RI sendiri, dalam 2 tahun ini telah menjadi salah satu pusat diplomasi Parlemen global dan regional. Pada tahun 2022, DPR RI memimpin Sidang Umum Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144, dan the 8th G20 Parliamentary Speakers Summit 20 (P20). 

"Dan pada tahun 2023 ini, kami memegang Presidensi AIPA. Semua ini bertujuan untuk memperbesar kontribusi Parlemen dalam pembahasan berbagai isu internasional," ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Puan juga menekankan empat agenda strategis yang perlu menjadi perhatian dalam pertemuan AIPA ke-44. Diantaranya, AIPA perlu tetap mendorong bahwa ditengah persaingan kekuatan besar, dunia perlu menyelesaikan isu prioritas yang menjadi kepentingan bersama, yaitu antara lain tata ekonomi dunia yang adil serta mitigasi perubahan iklim. 

Sidang Umum ke-44 AIPA ini dihadiri oleh 9 Parlemen dari seluruh negara-negara anggota AIPA-kecuali Myanmar-yakni Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Serta akan hadir pula 18 dari 20 Negara Peninjau (observer).

Tags : DPR RI , AIPA , Indonesia , ASEAN