Presiden Jokowi Sebut Persiapan KTT ke-43 ASEAN Masih Berjalan

| Selasa, 08/08/2023 19:20 WIB
Presiden Jokowi Sebut Persiapan KTT ke-43 ASEAN Masih Berjalan Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia siap untuk melaksanakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN. KTT tersebut akan digelar di Jakarta pada tanggal 5-7 September 2023 mendatang.

"Semauanya sudah direncanakan, semuanya sudah disiapkan, dan kita harapkan nanti pada saat KTT ASEAN semuanya sudah seratus persen siap di bulan September," kata Presiden Jokowi usai menghadiri Peringatan HUT ke-56 ASEAN, di Nusantara Hall, Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Selasa, 8 Agustus 2023.

Terkait kehadiran para pemimpian negara non-ASEAN, Presiden Jokowi menegaskan semuanya masih dalam proses. "Semuanya masih proses, konfirmasinya masih proses," tuturnya.

Sebelumnya, dalam sambutannya pada Peringatan HUT ke-56 ASEAN Presiden Jokowi menekankan pentingnya soliditas ASEAN dan stabilitas kawasan guna menghadapi tantangan global dan mewujudkan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan. Secara khusus, Presiden menekankan pentingnya implementasi Five Point Consensus dalam penyelesaian konflik di Myanmar.

"Kita berharap persoalan di Myanmar itu segera selesai karena menyangkut kemanusiaan, menyangkut rakyat Myanmar, dan pada kenyataannya memang tidak gampang, sangat kompleks, konfliknya sudah bukan konflik satu dengan dua, tapi dengan tiga, dengan empat, dengan lima, sehingga memerlukan waktu. Dan itu bisa terjadi kalau semua stakeholders yang ada di Myanmar itu mau, memiliki kemauan yang sama untuk menyelesaikan masalah itu. Kalau ndak, memang sangat sulit," tandasnya.

Tags : Jokowi , KTT , ASEAN , Indonesia