Indonesia Jadi Tuan Rumah Muktamar Sufi Internasional 2023

| Rabu, 09/08/2023 17:12 WIB
Indonesia Jadi Tuan Rumah Muktamar Sufi Internasional 2023 Prabowo Subianto (Menteri Pertahanan RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM – Indonesia menjadi tuan rumah pelaksanaan Muktamar Sufi Internasional atau World Sufi Assembly 2023. Muktamar ini akan digelar di Pekalongan, Jawa Tengah, 29 sampai 31 Agustus 2023 mendatang.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyampaikan bahwa Panitia Muktamar telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Selasa, 8 Agustus 2023 kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, kata Prabowo Subianto, panitia melaporkan kepada Presiden Jokowi mengenai pelaksanaan Muktamar Sufi Internasional tersebut.

“Baru saja kami dari panitia Muktamar Sufi Internasional, World Sufi Assembly yang pimpinannya adalah Al Habib Muhamad Luthfi Ali bin Yahya bersama rombongan dari pimpinan di mana saya mendapat kehormatan diminta ikut serta karena ini sudah merupakan kerja sama dengan Menteri Pertahanan juga dari sejak beberapa tahun yang lalu saya tindak lanjutkan,” tuturnya.

Menurut Prabowo, acara tersebut akan dihadiri oleh para tokoh ulama dan rektor universitas dari 64 negara, “Hadir juga dari Mesir, Wantimpres Mesir, dari Palestina, Wantimpres Palestina, syeikh dari Al-Azhar dan tentunya para tokoh ulama dari dalam negeri, dan rektor-rektor universitas dari dalam negeri, ormas Islam dan pimpinan pondok-pondok pesantren,” ucapnya.

Selanjutnya, Prabowo mengatakan bahwa Presiden Jokowi menginstruksikan agar pihaknya dapat berkoordinasi dengan kementerian-kementerian lain agar acara Muktamar Sufi Internasional dapat berjalan dengan sukses.

“Tadi pengarahan dari Presiden kita agar juga melaksanakan suatu koordinasi dengan kementerian-kementerian lain, Kementerian Luar Negeri terutama, Kementerian Dalam Negeri, untuk lancarnya muktamar internasional ini,” ujar Prabowo.

Tags : Muktamar Sufi Internasional

Berita Terkait