Jokowi Pertimbangkan Hapus PPDB Zonasi, Ini Kata Syaiful Huda

| Jum'at, 11/08/2023 22:58 WIB
Jokowi Pertimbangkan Hapus PPDB Zonasi, Ini Kata Syaiful Huda Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM – Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda meminta kepada semua stackholder untuk mencari tahu alternatif pengganti sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi jika dihapus pemerintah.

“Yang pertama kita perlu tahu dulu apa konsep penggantinya. Kalau itu clear, baru kita bicara soal penghapusan," kata Syaiful Huda di Jakarta, Jumat, 11 Agustus 2023.

Menurut Syaiful Huda, sistem zonasi ini sebenarnya menguntungkan masyarakat yang memiliki ekonomi rendah untuk tetap mendapat hak di bidang pendidikan. Meski demikian, ia tak menampik selama PPDB berjalan, ada target terkait pemerataan yang belum terpenuhi.

Selain itu, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga mengingatkan kembali penerapan sistem PPDB zonasi pada hakikatnya untuk pemerataan sekolah supaya menjadi favorit di semua tingkatan. Namun, kata dia, yang ditemui saat ini tak ada perubahan yang signifikan.

"Yang terjadi 10 tahun diterapkan masih saja sekolah yang dulunya favorit tetap favorit, yang tidak favorit tidak berubah jadi favorit. Karena intervensi pemerintah relatif tidak maksimal," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengakui tengah mempertimbangkan penghapusan PPDB sistem zonasi. Menurutnya, kebijakan ini harus dikaji lebih mendalam lagi.

“Dipertimbangkan, akan dicek secara mendalam dulu plus minusnya,” tukasnya.

Tags : PPDB , Komisi X DPR , Zonasi

Berita Terkait