Puan Harap Pemerintah Percepat Modifikasi Cuaca Guna Atasi Polusi Udara di Jabodetabek

| Selasa, 15/08/2023 19:45 WIB
Puan Harap Pemerintah Percepat Modifikasi Cuaca Guna Atasi Polusi Udara di Jabodetabek Polusi udara di kawasan Jakarta. (Foto: twitter @most1058)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani menyoroti polusi udara di Jabodetabek yang masuk kategori sangat tidak baik beberapa hari terakhir. Karena itu, ia berharap pemerintah Indonesia mengambil langkah cepat untuk proses modifikasi cuaca guna mengatasi polusi udara.

"Salah satu cara paling efektif untuk mengurangi polusi udara di Jabodetabek adalah dengan air hujan yang sudah cukup lama tidak turun akibat kemarau panjang. Maka rekayasa atau modifikasi cuaca harus secepatnya dilakukan seperti yang sudah menjadi arahan Bapak Presiden," ujar Puan dilansir dari laman resmi DPR RI, Selasa, 15 Agustus 2023.

Tak hanya itu, Puan mendorong kementerian/lembaga terkait seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dibantu TNI/Polri atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mempercepat proses Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Dengan harapan, hujan dapat mengguyur sekitar Jabodetabek dan mengurangi polusi udara.

"Jika memungkinkan untuk dipercepat proses modifikasi cuaca, lebih baik dilakukan dengan segera. Karena memang musim kemarau ini menyebabkan polusi di udara tidak terurai. Jadi memang memerlukan hujan dengan cara modifikasi cuaca," terang perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR RI ini.

Ia pun mengingatkan bahwa negara wajib melindungi keselamatan warganya dari ancaman apapun, termasuk hal-hal yang mengancam kesehatan warga. "Masalah kesehatan adalah dampak dari parahnya polusi udara di Jakarta. Jika tidak diatasi secara cepat, maka makin banyak masyarakat yang sakit akibat tercemar polusi melalui udara yang mereka hirup," tuturnya.

Puan juga mengimbau untuk lebih waspada sebagai antisipasi dampak polusi udara. Salah satunya dengan kembali menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan. "Kita ketahui bersama saat, masker terbukti mencegah penularan virus saat pandemi Covid. Untuk menghindari berbagai penyakit akibat polusi udara, ada baiknya gunakan masker saat berada di luar. Termasuk juga untuk anak-anak," tukasnya.

Tags : DPR RI , Jabodetabek , Cuaca , Polusi Udara