Legislator PKB Harap Penyelenggara Pemilu di Kota Solo Mampu Tekan Indeks Kerawanan Pemilu

| Selasa, 29/08/2023 18:43 WIB
Legislator PKB Harap Penyelenggara Pemilu di Kota Solo Mampu Tekan Indeks Kerawanan Pemilu Anggota Komisi II DPR RI Mohammad Toha (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Anggota Komisi II DPR RI Mohammad Toha berharap penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) di Kota Solo mampu tekan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) dari Status Rawan Sedang menjadi Rawan Rendah.

"Konstelasi politiknya itu harus lebih demokratis yang dekat dengan asas Pemilu (yang) Luber dan Jurdil itu. Nah, dengan beberapa masalah yang tadi (disebutkan), kami harap bisa menjadi perhatian KPU dan Bawaslu," kata Mohammad Toha dilansir website dpr, Selasa, 29 Agustus 2023.

Di sisi lain, Politisi Fraksi PKB itu mengusulkan agar petugas pengawas pelaksanaan pemilu terutama di tingkat kelurahan ditambah. Dirinya tidak ingin polemik terjadi akibat keterbatasan SDM.

"Saya menerima informasi kalau setiap kelurahan desa itu hanya satu pengawas di desa atau kelurahan ya. Ini mungkin bisa ditambah. Saya tidak ingin ini menjadi persoalan," ujarnya.

Sebagaimana yang diketahui, IKP merupakan upaya yang dilakukan dengan menggelar pemetaan sekaligus deteksi dini terhadap berbagai potensi pelanggaran jelang Pemilu. Indikator yang digunakan meliputi konteks sosial, konteks politik, dan dukungan infrastruktur.

Tags : Pemilu 2024 , Komisi II DPR