Menkes Budi Sebut Sektor Kesehatan Indonesia Butuh Interaksi Bilateral dan Multilateral

| Rabu, 30/08/2023 22:55 WIB
Menkes Budi Sebut Sektor Kesehatan Indonesia Butuh Interaksi Bilateral dan Multilateral Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (Foto: Kemenkes RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa Indonesia butuh interaksi bilateral dan multilateral untuk dapat memberi pengaruh pada kebijakan global di sektor kesehatan. Menurutnya, sektor kesehatan belum berwibawa seperti sektor keuangan.

"Saya datang dari sektor keuangan, kehadiran wibawa Indonesia di sektor keuangan dunia jauh lebih tinggi dibanding wibawa Indonesia di sektor kesehatan dunia," ujar Menkes dilansir dari antaranews, Rabu, 30 Agustus 2023.

Diungkapkannya, Indonesia sebagai negara ke empat populasi terbesar di dunia tidak memiliki perwakilan di level organisasi dunia, sehingga suara yang disampaikan tidak pernah didengar. Kondisi itu berbeda dengan sektor keuangan yang memiliki figur Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani yang sanggup mempengaruhi kebijakan keuangan dunia secara fiskal maupun moneter.

"Kalau di kesehatan, representasi Indonesia rendah sekali," tukasnya.

Budi menyampaikan, tujuan Indonesia dalam interaksi bilateral di sektor kesehatan global adalah untuk bisa memberi pengaruh pada kebijakan global serta mendatangkan uang.  "Tujuan kami ada dua, pertama untuk bisa membentuk global policy yang dibentuk berdasarkan suara Indonesia dan kedua kami mau cari duit," tuturnya.

Untuk itu, Menkes Budi mengusulkan Indonesia butuh kerja sama multirateral dengan banyak organisasi dunia di bidang kesehatan. Organisasi multirateral kesehatan yang dimaksud di antaranya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Bill and Melinda Gates Foundation, Wellcome Trust, GAVI, CEPI, hingga Global Fund.

Tags : Menteri Kesehatan , Bilateral , Multilateral , Indonesia