Dinilai Berhasil Terapkan RB Tematik, Kota Tangerang Jadi Lokus Stula se-Banten

| Kamis, 14/09/2023 20:16 WIB
Dinilai Berhasil Terapkan RB Tematik, Kota Tangerang Jadi Lokus Stula se-Banten Peserta Studi Lapangan dari provinsi Banten (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah menerima kunjungan para peserta Studi Lapangan (Stula) yang terdiri dari 40 orang peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) dan 40 orang peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Provinsi Banten di kantornya, Kamis, 14 September 2023.

Rombongan Stula dipimpin langsung oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Banten, Untung Saritomo, dan diterima langsung oleh Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah.

Untung Saritomo mengungkapkan alasan dipilihnya Kota Tangerang sebagai lokus Stula peserta PKP dan PKA karena Kota Tangerang berhasil terapkan Reformasi Birokrasi (RB) dan para peserta diharapkan dapat mempelajari model inovasi yang telah dilakukan khususnya dalam rangka pencapaian RB Tematik.

"Dilihat dari indikator RB Tematik yang ada kita tahu dari delapan kota dan kabupaten di Provinsi Banten, Kota Tangerang memiliki penurunan penduduk miskin ekstrem terbesar, yakni 0,86% dari 1,61% pada 2021 menjadi 0,75% di 2022,” papar Untung.

“Dan pada triwulan pertama tahun 2023, realisasi investasi di Kota Tangerang secara keseluruhan berada di angka RP6,956 triliun dan sekaligus menempati urutan pertama realisasi investasi tertinggi di Provinsi Banten," sambungnya.

Selain itu, lanjut Untung, Pemkot Tangerang berhasil menekan angka stunting dari 15,3 persen pada 2021 menjadi 11,8 persen pada 2022 atau turun 3,5 persen beriringan dengan penurunan angka stunting se-Provinsi Banten dari 24,5 persen menjadi 20 persen. Dan data yang ada menunjukkan tingkat inflasi Kota Tangerang menurun menjadi 3,46% pada april 2023.

"Kami melihat, inovasi yang sudah dilakukan telah mampu meningkatkan daya saing daerah, kinerja organisasi dan juga kepuasan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan sekaligus berkorelasi positif terhadap pencapaian RB tematik di Kota Tangerang,” tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah memaparkan berbagai program RB Tematik yang telah dilakukan oleh Kota Tangerang agar dapat menjadi insight bagi para peserta Stula.

"Tentunya capaian RB Tematik yang tadi disebutkan oleh Pak Kaban ini tidaklah mudah, ada banyak program serta inovasi yang saling terintegrasi dan tentunya Terstruktur, Masif dan Sistematis, atau saya menyebutnya TMS." ujar Arief.

Tags : Stula Banten , Kota Tangerang

Berita Terkait