El Nino Bisa Diprediksi Tahun Lalu, Ibnu Multazam: Harusnya Mitigasi Kekeringan Teratasi

| Kamis, 21/09/2023 19:46 WIB
El Nino Bisa Diprediksi Tahun Lalu, Ibnu Multazam: Harusnya Mitigasi Kekeringan Teratasi Ibnu Multazam (Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM – Anggota Komisi IV DPR RI Ibnu Multazam melihat kejadian El Nino sebagai hal yang seharusnya telah dapat diantisipasi oleh Pemerintah. Lantaran El Nino sudah dapat diprediksi kejadiannya, bahkan satu tahun sebelum kejadian.

“Mitigasi El Nino itu harus sudah (diantisipasi). Nah sekarang ini kan kalau kita menyimak penjelasan pemerintah khususnya di bidang pertanian, mitigasi dengan adanya El Nino ini kan belum kelihatan. sehingga setiap kebijakan kalau ada dampak misalnya El Nino, kebakaran hutan, kekeringan itu penyelesaiannya itu hanya penyelesaian ya sporadis, sehingga tidak sustainable karena tidak dipersiapkan secara seksama,” kata Ibnu Multazam dalam keterangannya, Kamis, 21 September 2023.

Menurutnya, itu bisa diantisipasi untuk mengatasi kekeringan air seperti saat ini, dapat ditangani dengan cara mitigasi irigasi perairan bagi pertanian. Sehingga, upaya tersebut dapat dilakukan agar air hujan dapat tertampung dalam tanah dan penyimpanan air di embung-embung.

Mitigasi irigasi tersebut, kata legislator PKB itu, seharusnya telah dilakukan dari tahun lalu terutama pada saat masih musim hujan. Sehingga sumber air ketika hujan dapat tertampung dalam tanah dan nantinya dapat dinaikan kembali dengan sarana pompa air sumur dalam.

“Sehingga mitigasi El Nino itu harus dipersiapkan satu tahun sebelumnya, ya tadi misalnya untuk pengeboran sumber-sumber air, penyimpanan air lewat embung-embung gitu,” tukasnya.

Tags : El Nino , PKB , Mitigasi Kekeringan

Berita Terkait