Pemerintah: Jaringan Irigasi Karalloe Siap Layani Petani Jeneponto Awal Oktober 2023

| Jum'at, 22/09/2023 17:52 WIB
Pemerintah: Jaringan Irigasi Karalloe Siap Layani Petani Jeneponto Awal Oktober 2023 Rehabilitasi irigasi di Jeneponto (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) telah menyelesaikan rehabilitasi jaringan irigasi pada Daerah Irigasi (D.I) Kelara Karalloe di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

“Rehabilitasi jaringan irigasi ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan pada lahan pertanian akibat musim kemarau yang berkepanjangan,” kata Direktur Irigasi dan Rawa Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Ismail Widadi dalam keterangannya, Jumat, 22 September 2023.

Menurut Ismail, rehabilitasi saluran tersebut merupakan kelanjutan dari selesainya pembangunan Bendungan Karalloe pada tahun 2021.

“Dengan selesainya rehabilitasi saluran irigasi ini, para petani akan mulai menikmati layanan air yang ditampung Bendungan Karalloe,” jelas Ismail.

Di tengah-tengah musim kemarau panjang dan mengeringnya sungai saat ini, kata Ismail, jaringan irigasi Kelara Karaloe siap melayani kebutuhan air irigasi pada musim tanam I pada bulan Oktober-Maret.

“Air untuk irigasi akan dipasok dari Bendungan Karalloe yang tampungan airnya yang saat ini tersimpan sebanyak kurang lebih 11 juta m3. Ini cukup untuk mengairi 7.000 hektar areal persawahan sampai datangnya musim penghujan awal November ini," tukas Ismail.

Tags : PUPR , Kemarau , Irigasi , Pertanian