Melalui Program TKM, Pemerintah Komitmen Tumbuhkan Wirausaha di Masyarakat

| Kamis, 12/10/2023 21:48 WIB
Melalui Program TKM, Pemerintah Komitmen Tumbuhkan Wirausaha di Masyarakat Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah memberikan Pembekalan kepada 333 TKS Pendamping TKM Pemula Tahap II Tahun 2023 di Cikarang, kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (11/10/2023).

Dalam kesempatan itu, Menaker Ida Fauziyah mengatakan, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memiliki komitmen kuat menumbuhkan wirausaha baru di kalangan masyarakat dengan terus meningkatkan kapasitas Tenaga Kerja Sukarela (TKS) pendamping Tenaga Kerja Mandiri (TKM).

"Pembekalan TKS ini merupakan bagian penting dalam bisnis proses pendayagunaan TKS.  Saya harapkan pembekalan ini dapat menjadi forum komunikasi dan koordinasi guna mendukung pelaksanaan tugas TKS sebagai pendamping TKM Pemula secara optimal,” kata Menaker Ida Fauziyah.

Menurut Menaker Ida Fauziyah kapasitas dan kapabilitas serta kecakapan TKS dalam mendampingi kelompok wirausaha TKM Pemula sangat menentukan keberhasilan dalam mewujudkan wirausaha baru yang berprospek untuk tumbuh dan berkembang.

"Peran TKS sangat penting dalam membantu Kemnaker untuk mendukung program TKM Pemula agar dapat berjalan secara akuntabel, " ujarnya.

Sementara itu, hingga Oktober 2023 ini, kata Mneaker Ida, total TKS Pendamping TKM Pemula berjumlah 900 orang dengan total kelompok TKM Pemula yang didampingi sabanyak 11.000 kelompok. Dengan jumlah tersebut maka proporsi 1 orang TKS akan mendampingi sekitar 12 Kelompok TKM Pemula.

"Pada tahun 2023, Kemnaker menargetkan pemberdayaan kelompok usaha TKM Pemula sebanyak 11.000 kelompok atau sekitar 110.000 orang. " ujarnya.

Tags : Kemnaker , Ketenagakerjaan