Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat, Pemerintah Bakal Terapkan RME

| Kamis, 09/11/2023 16:51 WIB
Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat, Pemerintah Bakal Terapkan RME Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (Foto: Kemenkes RI)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah terus berupaya meningkatkan akses pelayanan kesehatan yang murah dan berkualitas bagi masyarakat. Salah satunya melalui pemanfaatan teknologi digital dengan menerapkan Rekam Medis Elektronik (RME) di Fasilitas Kesehatan di Indonesia.

“Saya yakin, hal ini tidak hanya akan memudahkan akses data layanan kesehatan, tetapi juga akan mengurangi adanya asimetri informasi yang menyebabkan biaya di bidang kesehatan menjadi mahal,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam rilisnya, Kamis, 9 November 2023.

Menurut Menkes Budi, semua data kesehatan nantinya akan disimpan pada platform big data SATUSEHAT sebagai ekosistem untuk data kesehatan. Lebih dari 60.000 fasilitas kesehatan berlokasi di Indonesia, mulai dari lebih dari 10.000 fasilitas perawatan primer, 17.000 klinik swasta, 3.000 rumah sakit, 1.000 laboratorium, dan lebih dari 30.000 apotik yang akan dimasukkan dalam SATUSEHAT.

“Diharapkan seluruh fasilitas kesehatan tersebut dapat menerapkan Rekam Medis Elektronik (RME), mulai dari digitalisasi data kesehatan, mengikuti standar (format) terminologi data kesehatan, mengikuti protokol keamanan data standar, dan mengikuti protokol interoperabilitas/ pertukaran data standar,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Menkes Budi, Kementerian Kesehatan juga membuat kemajuan dalam pengobatan melalui Ilmu Biomedis & Genom Inisiatif (BGSi),”Pengembangan berbasis genom BGSi yang akan dilakukan di berbagai rumah sakit di Indonesia sebagai terobosan dalam pengobatan yang presisi,” tukasnya.

Tags : Satu Sehat

Berita Terkait