Presiden Jokowi Resmikan PLTS Terapung Cirata di Purwakarta

| Kamis, 09/11/2023 19:57 WIB
Presiden Jokowi Resmikan PLTS Terapung Cirata di Purwakarta Presiden Jokowi (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata 192 MWp, di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis, 9 November 2023.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur ini merupakan PLTS terapung terbesar di Asia Tenggara dan ketiga di dunia.

“Kita berhasil membangun salah satu pembangkit listrik tenaga surya terapung yang terbesar di Asia Tenggara dan nomor tiga di dunia,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa pengoperasian PLTS terapung ini dapat terlaksana atas kerja sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT PLN Persero, serta Masdar dari Uni Emirate Arab.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa eberadaan PLTS ini, kata Presiden, akan menambah pasokan listrik yang saat ini berkapasitas 1.000MW. “Di Cirata ini sudah ada PLTA dengan kapasitas 1.000 MW dan sekarang ditambah dengan PLTS Terapung sebesar 192 MWp. Ke depan, kalau dimaksimalkan bisa  menambah kurang lebih 1.000 MWp. Jadi, nanti tenaga airnya bisa untuk energi hijau juga,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri BUMN Erick Thohir, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, dan Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin juga Menteri Negara untuk Perdagangan Luar Negeri Uni Emirat Arab Thani bin Ahmed al Zeyoudi.

Tags : PLTS Cirata

Berita Terkait