Gus Halim: Pelayanan Desa Berbasis Digital Efektifkan Pengelolaan Data Desa

| Senin, 20/11/2023 21:14 WIB
Gus Halim: Pelayanan Desa Berbasis Digital Efektifkan Pengelolaan Data Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengungkapkan bahwa penyelenggaraan administrasi pemerintahan desa berbasis digital akan sangat memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan publik.

"Agar pelayanan kepada masyarakat cepat, semakin mudah, dan yang tidak kalah pentingnya adalah data apapun yang ada di desa betul-betul bisa diidentifikasi dan dikelola sebaik-baiknya,” kata Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar dalam rilisnya, Minggu, 19 November 2023.

Menurut Gus Halim-sapaan akrabnya, digitalisasi desa merupakan infrastruktur utama untuk mewujudkan desa cerdas. Ia menyampaikan, ada tiga elemen utama untuk mewujudkan sebuah desa sebagai Desa Cerdas, yaitu kapasitas kelembagaan pemerintahnya, kualitas sumber daya manusianya, dan infrastruktur teknologinya.

“Ketiga elemen ini memberikan tantangan tersendiri khususnya bagi Kepala Desa, Pendamping Desa, serta Kader dan Duta Digital, selain memang sebagai fondasi pengembangan Desa Cerdas secara berkelanjutan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Gus Halim menyampaikan, Kementerian Desa PDTT juga menyediakan pendanaan Rp20 juta pertahun, untuk kegiatan Ruang Komunitas Digital Desa, seperti mendanai pertemuan, inisiatif gerakan digitalisasi, hingga kebutuhan langganan internet secara berkala.

"Program Desa Cerdas membuka kesempatan bagi desa mengembangkan Ruang Komunitas Digital Desa. Ruang ini telah memiliki kelengkapan sarana, serta dapat melaksanakan kegiatan digitalisasi desa, menjadi revolusi tersembunyi desa, untuk menjalani transformasi digital bangsa Indonesia," tukasnya.

Tags : Dana Desa , Gus Halim , Kemendes PDTT

Berita Terkait