MIKTA Ke-9 Angkat Isu Perubahan Iklim Sebagai Salah Satu Tantangan Dunia

| Senin, 20/11/2023 23:20 WIB
MIKTA Ke-9 Angkat Isu Perubahan Iklim Sebagai Salah Satu Tantangan Dunia

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan Forum MIKTA Ke-9 yang diikuti oleh lima negara yakni Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia akan turut membahas mengenai isu perubahan iklim yang menjadi sorotan dunia internasional.

“Tadi juga berbicara tentang climate change dan juga terkait hal-hal ekonomi yang saat ini ini kita dalam situasi yang tidak cukup baik, termasuk di negara-negara yang lain,” kata Puan Maharani dalam rilisnya, Senin, 20 November 2023.

Menurut Puan Maharani, kelima negara tersebut juga akan bersepakat akan menghasilkan joint statement pada forum MIKTA ini, terutama terkait keadaan ekonomi global sehingga nantinya diharapkan dapat berjalan dengan baik. Forum ini juga diharapkan bisa mendukung dan bersinergi dengan Pemerintah dari negara MIKTA.

"Pada pertemuan MIKTA kali ini juga akan membahas bagaimana peran parlemen dalam mendorong reformasi tata kelola global. Hal ini agar sistem multilateral bisa tetap relevan dalam menjawab permasalahan dunia," imbuhnya.

Puan menegaskan, DPR RI pun selalu mempromosikan pentingnya mengurangi zat karbon demi menjaga bumi untuk sekarang dan masa depan.

"Kami juga menggarisbawahi pentingnya pelibatan generasi muda sebagai motor penggerak dan agen perubahan untuk menciptakan dunia yang aman dan sejahtera," ujarnya.

Tags : Forum MIKTA , DPR RI

Berita Terkait