Gus Halim: Tokoh Agama Punya Peran dalam Pembangunan Desa

| Kamis, 23/11/2023 20:06 WIB
Gus Halim: Tokoh Agama Punya Peran dalam Pembangunan Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengungkapkan pemuka agama dan para santri yang ada di desa memiliki peran signifikan dalam memperkuat nilai-nilai kesalehan sosial  dalam masyarakat.

"Tokoh Agama harusnya diposisikan sebagai figur yang ikut mendorong transparansi dam partisipasi pembangunan di desa," kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar di Jakarta, Rabu, 22 November 2023.

Menurut Gus Halim-sapaan akrabnya, hampir semua desa menempatkan Tokoh Agama sebagai pelengkap. Padahal mereka inilah yang seharusnya memberi warna masyarakat.

"Faktor yang paling menggelisahkan. Karena Tokoh Agama tidak paham tentang Pembangunan Desa karena hanya urusi Ummat dan tempat ibadah, padahal ini penting," ucapnya.

Jika ini dibiarkan, kata Gus Halim, akan terjadi marjinalisasi Agama padahal Indonesia Negara Pancasila yang ruh-nya adalah Agama.

Untuk itu, saat memberikan sambutan pada acara Training of Trainers Pelopor Pembangunan Desa di Best Western Kemayoran, ia berharap, Pelopor Pembangunan Desa ini nantikan dipadukan dengan Tokoh Agama hingga Tokoh Adat yang berkolaborasi untuk menjadi bagian penting dari proses pembangunan.

"Saya ingin kader Pelopor Pembangunan Desa ini yang nantinya jadi Tokoh Agama bisa memposisikan diri dalam proses pembangunan desa," katanya.

Tags : Gus Halim , Kemendesa PDTT