Anies Baswedan: Kita Ingin Indonesia Satu Kemakmuran

| Kamis, 23/11/2023 20:15 WIB
Anies Baswedan: Kita Ingin Indonesia Satu Kemakmuran Anies Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar (Pasangan Capres dan Cawapres RI). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau AMIN menghadiri acara GagasRI di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 22 November 2023. Dalam paparannya, Anies menyampaikan bahwa prinsip perubahan yang diusung pasangan AMIN adalah mengembalikan Republik Indonesia seperti tujuan awal berdiri. 

"Prinsip yang kami emban di dalam memperjuangkan perubahan, kami ingin kembali pada tujuan awal mengapa republik ini didirikan. Republik ini didirikan dengan gagasan, bukan sekedar kebetulan jadi negara. Para pemikir, para pejuang intelektual menyusun sebuah negara yang memiliki tujuan muncul dalam Pembukaan UUD 1945 di kalimat penutup, yaitu menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Anies yang didampingi Gus Imin. 

Diungkapkannya, alasan tersebut menjadi pegangan perjuangan untuk perubahan. "Ini lah yang menjadi pegangan mengapa kita ingin melakukan perubahan karena kita ingin tujuan pertama terutama harus segera kita jadikan prioritas kembali dan itu mensyaratkan perubahan paradigma, perubahan cara memandang pembangunan," imbuhnya. 

Sebelum memaparkan visi misi AMIN, Anies menegaskan bahwa visi yang diusung pasangan dari Koalisi Perubahan ini yakni Satu Kemakmuran. Menurutnya, kemakmuran harus dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia. 

"Kita bertujuan menjadikan Indonesia Satu Kemakmuran. Kita sudah satu bangsa sejak tahun '28, kita sudah satu negara tahun '45, kita sudah satu kesatuan tahun '50, NKRI. Kita juga sudah satu tanah air dengan Deklarasi Djuanda dan pengakuan banyak negara di UNCLOS. Satu lagi, yang kelima kita ingin Satu Kemakmuran dan itu lah yang ingin kita jangkau," ujar Anies.

Tags : AMIN , Anies Baswedan , Satu Kemakmuran , Indonesia