Gus Halim: Desa Wisata Jadi Program Prioritas Kemendes PDTT

| Jum'at, 01/12/2023 19:14 WIB
Gus Halim: Desa Wisata Jadi Program Prioritas Kemendes PDTT Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menegaskan pengembangan desa wisata akan menjadi salah satu program prioritas tahun 2024.

"Program prioritas Kemendes PDTT pada 2024 adalah di sektor sarana prasarana desa wisata senilai Rp 24,6 miliar, kemudian untuk mengendalian penggunaan dana desa sebesar Rp 4,5 miliar,” kata Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar dalam rilis, Rabu, 29 November 2023 lalu.

Saat rapat dengan Komisi V DPR RI beberapa waktu lalu, Gus Halim-sapaan akrabnya, memaparkan sejumlah program kerja tahun 2024. "Tahun 2024, Kementerian Desa dapat pagu anggaran Rp2,76 Triliun. Ini sudah agak turun dibandingkan pagu alokasi 2023," paparnya.

Anggaran tersebut, kata Gus Halim, terdiri dari alokasi untuk program dukungan manajemen sebesar Rp 667 miliar dan program daerah tertinggal, kawasan perbatasan, perdesaan dan transmigrasi sebesar Rp 2,09 triliun.

Berikutnya, lanjut Gus Halim menjabarkan pemanfaatan anggaran untuk program Pasar Prukades di Kawasan Perdesaan sebesar Rp 3,34 miliar, program peningkatan akuntabilitas sosial dan kompetensi masyarakat Rp 60 miliar, serta perbaikan jalan di kawasan perdesaan Rp 1,76 miliar.

"Output prioritas tahun 2024 bisa dicermati dan didalami sebagaimana kita laporkan lengkap sebagaimana di lampiran laporan kami," tukasnya.

Tags : Gus Halim , Kemendesa PDTT