Tingkatkan Pelayanan Ketenagakerjaan, Pemkab Tangerang Luncurkan d`Naker DIGI

| Rabu, 06/12/2023 21:41 WIB
Tingkatkan Pelayanan Ketenagakerjaan, Pemkab Tangerang Luncurkan d`Naker DIGI Ilustrasi teknologi digital. (Foto: winstarlinkcom)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) meluncurkan portal pelayanan ketenagakerjaan d’naker DIGI dan Aplikasi Layanan Hubungan Industrial LKS Bipartit (HI-Bip) di Gedung Serba Guna (GSG) Senin (4/12/23) lalu.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono, mengatakan layanan tersebut merupakan transformasi strategi pelayanan ketenagakerjaan yang terintegrasi dan berbasis digital.

"Layanan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik khususnya pelayanan ketenagakerjaan yang cepat, tepat waktu, mudah dan terjangkau bagi masyarakat. Sehingga nantinya dapat mendorong terciptanya hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan," kata Rudi.

Rudi menjelaskan saat ini ada beberapa jenis pelayanan publik pada portal d’naker DIGI, seperti pendaftaran pencari kerja, informasi lowongan kerja, job fair online, dan sejumlah jenis pelayanan lainnya. Pelayanan berbasis digital tersebut juga terintegrasi dengan beberapa instansi terkait.

"Nantinya, portal tersebut akan kami kembangkan lagi secara digital dan akan kami tambahkan beberapa jenis pelayanan publik yang bisa diakses pada portal tersebut seperti Pencatatan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT), Pendaftaran Pelatihan Vokasi, Pendaftaran Wira Usaha Baru (WUB), Tanda Daftar Lembaga Pelatihan Kerja dan beberapa jenis layanan ketenagakerjaan lainnya," imbuh Rudi.

Diketahui, portal d'naker DIGI merupakan sebuah portal pelayanan publik ketenagakerjaan yang terintegrasi berbasis digital di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang. Sebelumnya layanan tersebut bernama SIAPKERJA. Kini, pelayanan pada portal d'naker DIGI siap dikembangkan secara digital.

Tags : Kemnaker , Ketenagakerjaan